Apa yang Menyebabkan Internet Lambat dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Apa yang Menyebabkan Internet Lambat dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Penyebab masalah Internet lambat mungkin berasal dari modem atau router yang buruk, sinyal Wifi lemah, kekuatan sinyal pada saluran kabel yang rendah, banyaknya perangkat yang menguras bandwidth Anda, atau bahkan server DSN yang lambat.

Jika Anda merasa kecepatan internet Anda sedang melambat, berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk memperbaikinya:


1. Untuk membatasi masalah, kami menganjurkan Anda melakukan survei pada beberapa website dan perangkat.

Bandingkan kinerja internet di rumah Anda dengan menghubungkan beberapa website. Jika semuanya berjalan lancar, tetapi Anda mengalami kesulitan ketika mengakses satu website tertentu, maka masalahnya ada pada website itu dan bukan pada internet Anda.

Jika satu komputer mengalami masalah atau kelambatan, mungkin masalahnya berada di sana. Anda dapat melakukan reboot terhadap komputer itu untuk memecahkan masalah, atau Anda juga dapat menggunakan scan antivirus untuk memastikan bahwa semuanya berjalan dengan lancar.


2. Ceklah kecepatan internet Anda dan bandingkan dengan kecepatan yang seharusnya diberikan oleh provider internet Anda untuk mengetahui apakah berjalan sesuai yang diharapkan.

Jika Anda ingin menguji kecepatan internet, cara yang paling efektif adalah dengan Uji Kecepatan Internet dari situs web CBN. Namun, pastikan untuk berhenti melakukan aktivitas download, upload atau aktivitas internet lain sebelum memulai tes agar hasilnya akurat.

Gunakan layanan gratis dari CBN dengan menggunakan laptop atau ponsel pintar Anda dengan membuka browser di perangkat yang sudah dipilih. Ini benar-benar mudah!


3. Nyalakan kembali (me-reboot) Modem dan Router Anda

Jika Anda belum mendapatkan banyak hasil, mungkin saatnya untuk melakukan reset modem dan router Anda. Lakukan dengan cara mencabut kedua perangkat dari aliran daya listrik selama beberapa detik kemudian pasang kembali dan coba lagi.

Tapi jangan khawatir, biasanya hanya membutuhkan beberapa menit untuk terhubung kembali dengan ISP Anda dan mengembalikan koneksi internet Anda. Jadi bersabarlah dan nikmati manfaat dari layanan internet Anda kembali.


4. Periksa sinyal WiFi Anda dan lakukan perbaikan jika diperlukan.

Jika Anda mengalami masalah dengan sinyal Wifi, lakukan pengecekan pada internet yang Anda gunakan. Mungkin alasan mengapa Anda kesulitan mendapatkan sinyal adalah banyaknya perangkat di sekitar yang membuat gelombang udara menjadi padat. Carilah solusi terbaik untuk meningkatkan sinyal Wifi Anda.

Ini biasanya terjadi di kawasan perkotaan yang ramai, di mana setiap orang menggunakan router nirkabel berbeda-beda.


5. Putuskan sambungan perangkat yang cocok dengan sam b ungan Anda

Mungkin Anda sering kesal karena kecepatan internet Anda menurun tanpa alasan yang jelas. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa perangkat lain di jaringan rumah Anda sedang menggunakan bandwidth internet secara bersamaan. Jika semua perangkat terhubung pada satu jaringan, maka hal itu akan membuat koneksi lesu untuk setiap perangkat.

Jika di rumah Anda ada dua orang yang sedang menonton layanan streaming Netflix dan Anda juga sedang mendownload suatu file, maka mungkin koneksi internet akan melambat. Untuk memperbaiki ini, cobalah untuk menghentikan salah satu koneksi tersebut. Setelah itu, coba lagi koneksinya dan lihat apakah performa-nya semakin baik.

Ini adalah opsi terbaik jika Anda mengalami masalah dengan kecepatan internet Anda. Meng-upgrade paket internet Anda ke paket dengan kecepatan internet yang lebih tinggi akan menyelesaikan masalah ini, meskipun harganya akan lebih mahal.


6. Jika Anda mengalami masalah, silahkan hubungi penyedia layanan internet Anda dan sampaikan aduan Anda.

Penyebab utama kecepatan internet Anda yang lambat bisa berasal dari masalah yang dihadapi oleh provider layanan internet Anda. Mungkin saja ada masalah dengan saluran kabel yang menghubungkan rumah Anda dengan ISP-nya atau kendala lainnya di sisi mereka. Jadi, pastikan Anda mengecek masalah ini sebelum mencari solusi lain.

Jadi, sudah saatnya Anda menghubungi ISP Anda dan memberi tahu mereka tentang kendala kecepatan internet Anda.

Jika Anda tinggal di daerah pedesaan, mungkin Anda pernah mengalami gangguan dalam kecepatan internet Anda akibat cuaca yang ekstrim seperti hujan badai. Namun jangan khawatir, cukup bersabarlah hingga situasi berlangsung normal kembali dan kecepatan internet Anda akan pulih seperti semula.


Share this Post

follow me

Promo Terbaru

Dapatkan Promo Terbaik MMS Sekarang Juga.