Peran Digitalisasi dalam Meningkatkan Popularitas Destinasi Wisata

Peran Digitalisasi dalam Meningkatkan Popularitas Destinasi Wisata

Dengan adanya perkembangan teknologi, sektor pariwisata telah mengalami perubahan yang signifikan. Periode digital telah memberikan kesempatan baru bagi tempat-tempat wisata. Meski banyak kompetisi, branding tetap penting untuk menarik perhatian wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, Gede Dody Sukma Oktiva Askara bilang kalau sosial media iku salah satu alaat paling efektif dalam strategi branding pariwisata. Walaupun isi visual menarik seperti gambar dan video yang diposting di platform media sosial boleh menarik perhatian bakal pelancong. Ini memiliki peran yang sangat penting dalam memperkenalkan dan mempromosikan destinasi pariwisata.

Beliau mengklaim sudah membuat platform sosial dan menyediakan laman web resmi untuk pariwisata. Ini bermanfaat untuk membantu pelancong dalam mencari info mengenai tujuan wisata, restoran, alat transportasi dan fasilitas pendukung lainnya. "Branding merupakan proses menciptakan persepsi positif yang kuat di benak konsumen. Travel brand di era digital juga dapat menciptakan pengalaman imersif dan autentik bagi setiap wisatawan"

Tak hanya itu, guna memperluas akses Internet, pihaknya juga melakukan perbaikan infrastruktur jaringan dan penyediaan layanan Internet pedesaan melalui Bali Smart Island Plan. Proyek ini menyasar desa adat, fasilitas umum, tempat wisata dan pusat kesehatan. “Jumlah titik layanan internet terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini antara lain untuk mendongkrak potensi desa di bidang pariwisata dan membantu pemasaran produk ekonomi kreatif masyarakat setempat.”

Sementara itu, I Nyoman Sudirga Yusa, pendiri Pramana Experience mengatakan, hadirnya internet membawa banyak perubahan. Penggunaan yang bijaksana dapat membawa manfaat positif, sedangkan penggunaan yang tidak bijaksana dapat membawa dampak negatif. Keduanya ibarat dua sisi mata uang. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan internet dengan bijak untuk mencegah dampak negatifnya. Aplikasi pariwisata digital telah mengubah cara masyarakat melakukan perjalanan. Bahkan dalam industri perjalanan, aplikasi digital kini menawarkan fitur-fitur yang membuat perjalanan menjadi lebih mudah, efisien, menyenangkan, dan berkesan bagi para pelancong.

Dari penggunaan media sosial, pengalaman digital yang inovatif, serta konten berkualitas, destinasi tak hanya dapat menarik perhatian wisatawan, tetapi juga menciptakan dampak yang tahan lama. "Dengan memanfaatkan teknologi perjalanan mereka dapat lebih efisien dalam mencari informasi tentang destinasi wisata, akomodasi, transportasi, dan aktivitas. Sehingga hal ini dapat dengan mudah membuat rencana perjalanan yang sesuai,"

KESIMPULAN

Digitalisasi telah merubah industri pariwisata dengan meningkatkan branding dan promosi destinasi melalui media sosial dan platform digital. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara, menekankan bahwa konten visual menarik dan perbaikan infrastruktur internet, seperti dalam Bali Smart Island Plan, sangat membantu dalam memperkenalkan dan memasarkan destinasi wisata. Namun, I Nyoman Sudirga Yusa mengingatkan pentingnya penggunaan internet yang bijak untuk menghindari dampak negatif. Aplikasi pariwisata digital mempermudah perencanaan perjalanan dan menciptakan pengalaman wisata yang lebih efisien dan menyenangkan.


Share this Post

follow me

Promo Terbaru

Dapatkan Promo Terbaik MMS Sekarang Juga.