Selain Apple, Intel Ikutan Antre Untuk Chip 2nm TSMC

Selain Apple, Intel Ikutan Antre Untuk Chip 2nm TSMC

Sebelumnya dikabarkan bahwa Apple telah berhasil mengamankan batch pertama proses fabrikasi 2nm dari TSMC. Namun bukan hanya Apple, melansir dari Taiwan Economic Daily, Intel juga ikut mengantre untuk mengamankan kuota teknologi proses terbaru TSMC tersebut untuk generasi prosesor Nova Lake mendatang.


Setelah chip fabrikasi 3nm sudah mulai memasuki pasar dengan hadirnya A17 Pro dan Intel Meteor Lake, era fabrikasi 2nm kini telah dimulai. TSMC diketahui akan memulai produksi masal node N2 tersebut pada 2025 mendatang dan tentunya mereka sudah membuka kuota pemesanan untuk klien-klien potensial.


Kemungkinan besar Apple masih akan menjadi adopter perdana untuk 2nm tersebut yang disinyalir bakal hadir di chipset untuk iPhone 17 Pro pada akhir 2025. Sementara itu, Intel bakal mengandalkan produksi 2nm TSMC untuk prosesor “Nova Lake’” pada 2026.


Kemunculan Nova Lake sendiri terungkap sejak akhir tahun lalu melalui patch HWiNFO. Kendati Intel juga akan menggunakan teknologi proses milik mereka sendiri yakni 20A (2nm) dan 18A (1,8nm) untuk generasi prosesor tersebut, tapi untuk beberapa varian mereka bakal memanfaatkan teknologi proses dari TSMC.


Intel baru-baru ini menjalin kerja sama dengan United Microelectronics Corporation (UMC) untuk pengembangan semikonduktor mereka. Namun, kerja sama awal tersebut hanya mencakup teknologi proses 12nm yang relatif “jadul”. Tidak bisa dipungkiri, TSMC masih memimpin perlombaan dalam industri semikonduktor dunia saat ini.


Share this Post

follow me

Promo Terbaru

Dapatkan Promo Terbaik MMS Sekarang Juga.