Kereta Whoosh Diresmikan, Jokowi Ingatkan Semua Pihak Tak Takut Belajar Saat Bangun Infrastruktur

Kereta Whoosh Diresmikan, Jokowi Ingatkan Semua Pihak Tak Takut Belajar Saat Bangun Infrastruktur

Kereta Whoosh Diresmikan, Jokowi Ingatkan Semua Pihak Tak Takut Belajar Saat Bangun Infrastruktur


Presiden Joko Widodo meminta semua pihak tidak takut untuk mempelajari hal-hal baru saat membangun infrastruktur. Hal itu disampaikan Presiden saat memberikan sambutan sebelum meresmikan operasional Kereta Cepat Whoosh di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta Timur, pada Senin (2/10/2023). Menurut Presiden, kereta cepat merupakan teknologi transportasi yang baru di Indonesia. Operasional kereta cepat menggunakan teknologi dan sistem pembiayaan yang baru. "Semuanya serba baru dan kita tidak boleh takut belajar dan mencoba hal-hal yang baru. Dan dalam proses itu bisa muncul hal-hal yang tidak terduga, kesulitan-kesulitan di lapangan, masalah-masalah, dan ketidaksempurnaan," ujar Jokowi.


"Pengalaman itu mahal. Namun, sangat berharga dan kita tidak perlu takut karena jika kita konsisten, kesalahan itu akan semakin sedikit. Biaya kesalahan juga akan semakin menurun dan pada akhirnya biaya produksi, biaya proyek lama-kelamaan juga akan semakin rendah," jelasnya. Oleh karenanya, Kepala Negara meminta agar semua pihak menjadikan kritikan sebagai bahan belajar, bukan alergi terhadap hal tersebut. Dengan demikian, pembangunan infrastruktur ke depan akan semakin baik. "Saya pesan agar kita semuanya tidak alergi terhadap kritik dan tetap semangat untuk belajar. Karena pengalaman kita membangun infrastruktur baik jalan tol, pelabuhan, bandara, bendungan, transportasi telah memberikan pengalaman," papar Jokowi.


"Dan bekal kita untuk menghasilkan hasil-hasil yang lebih baik di masa depan. Keberanian kita mencoba hal-hal yang baru memberikan kepercayaan, memberikan kita kesempatan untuk belajar kepada anak-anak bangsa dan akan sangat berguna bagi masa depan membuat SDM-SDM kita semakin maju dan bangsa kita semakin mandiri," tambah Jokowi. Setelah memberi sambutan, Presiden Jokowi langsung meresmikan Kereta Cepat Whoosh di Stasiun Kereta Cepat Halim. Presiden pun menjelaskan arti nama "Whoosh" untuk Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang baru diresmikannya itu. Menurut Presiden, nama "Whoosh" terinspirasi dari suara yang timbul saat KCJB sedang melintas.


"Kereta cepat ini kita namakan WHOOSH, W, H, OOSH, dibaca wusss. Ini diinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi ini," ujar Jokowi. Selain itu, kata Jokowi, WHOOSH juga merupakan singkatan dari "waktu hemat operasi optimal sistem hebat". Presiden mengungkapkan, Kereta Cepat Whoosh merupakan kereta cepat pertama di Indonesia dan juga pertama di Asia Tenggara dengan kecepatan 350 kilometer per jam. Kereta cepat ini menandai modernisasi transportasi massal Indonesia yang disebut Jokowi lebih efisien dan ramah lingkungan.


Usai peresmian, Presiden naik kereta nomor G5901 yang berangkat dari Stasiun Halim di Jakarta Timur menuju ke Stasiun Padalarang di Bandung Barat. Kereta Cepat Whoosh yang dinaiki Presiden dan rombongan berangkat dari Stasiun Kereta Cepat Halim sekitar pukul 09.14 WIB dan sampai di Stasiun Kereta Cepat Padalarang sekitar pukul 09.40 WIB.


sai peresmian, Presiden naik kereta nomor G5901 yang berangkat dari Stasiun Halim di Jakarta Timur menuju ke Stasiun Padalarang di Bandung Barat. Kereta Cepat Whoosh yang dinaiki Presiden dan rombongan berangkat dari Stasiun Kereta Cepat Halim sekitar pukul 09.14 WIB dan sampai di Stasiun Kereta Cepat Padalarang sekitar pukul 09.40 WIB.


 https://nasional.kompas.com/read/2023/10/02/11081301/kereta-whoosh-diresmikan-jokowi-ingatkan-semua-pihak-tak-takut-belajar-saat


Share this Post

follow me

Promo Terbaru

Dapatkan Promo Terbaik MMS Sekarang Juga.